Upaya Peningkatan Gizi Seimbang melalui Edukasi Kesehatan

Main Article Content

Annisa Rahmania

Abstract

Latar Belakang: Gizi seimbang adalah susunan pangan harian yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh. Gizi seimbang diperlukan anak sekolah untuk masa pertumbuhan. Sebagian besar anak sekolah dasar belum mengetahui gizi seimbang karena mereka masih terpaku pada konsep empat sehat lima sempurna yang mana mereka berpendapat bahwa makan nasi harus lebih banyak daripada lauk pauk dan sayuran, juga sebagian anak menyatakan bahwa minum susu saja sudah cukup dan tidak memerlukan makanan lainnya. Tujuan: untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak sekolah MI Al-Kautsar di Kelurahan 13 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II di kota Palembang. Metode: Penyuluhan ini dilakukan dengan menggunakan media powerpoint dengan metode ceramah dan tanya jawab. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu pengetahuan siswa MI Al-Kautsar mengenai gizi seimbang meningkat. Simpulan: Edukasi kesehatan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan yang akhirnya akan mempengaruhi sikap dan tindakan anak-anak untuk memperbaiki kebiasaan hidup sesuai dengan anjuran gizi seimbang dan mengetahui porsi makanan apa saja yang ada di isi piringku.

Article Details

How to Cite
1.
Rahmania A. Upaya Peningkatan Gizi Seimbang melalui Edukasi Kesehatan. khidmah [Internet]. 2024Apr.30 [cited 2024Jul.16];6(1):34-1. Available from: http://khidmah.ikestmp.ac.id/index.php/khidmah/article/view/471
Section
Articles

References

Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Pada Ank-anak di desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati, 4(1), 65–70.
Destiyanti, I. C. (2024). Edukasi gizi isi piringku dengan media powerpoint di SDN Banjaransari Cikijing Nutrition education on the contents of my plate using powerpoint media at SDN Banjaransari Cikijing. 4, 314–320.
Puspitasari, I., & Indrianingrum, I. (2021). Keefektifan Aplikasi m-Health Sebagai Media Promosi Kesehatan Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Prilaku. 12(1), 40–48.
Putri, A. A., & Kurniasari, R. (2022). (Literature Review : Effectiveness of the Use of Nutrition Education Media on Knowledge and Attitudes of Elementary School Students on Balanced Nutrition. 14(2).
Rahmawati, F., Amar, M. I., Ilmi, I. M. B., & Syah, M. N. H. (2022). Edukasi Gizi Brosur & PowerPoint Pada Pedoman Gizi Seimbang Kelas VII MTS Hayatul Ilmi. Indonesian Jurnal of Health Devolopment, 4(1), 46–53.
Sari, F. K., Nabawiyah, H., Fathimah, Kharisma, K., Rahmatul, M., & Alifitria, S. (2022). Edukasi Isi Piringku Untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas 4, 5, dan 6 Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Mantingan Ngawi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 3989–3994.
Tsania, Nanda, Rahmat, Mamat, Priawantiputi, Fauziyah, & Nur, R. (2023). Edukasi Gizi Menggunakan Flashcard Dan Powerpoint Terhadap Pengetahuan , Sikap Dan Nutrition Education Using Flashcard And Powerpoint On Knowledge , Attitude And Behavior Of Balanced Nutrition In. Jurnal Gizi Dan Dietetik, 2(2), 22–30.
Rahmy, H. A., Prativa, N., Andrianus, R., & Shalma, M. P. (2020). Edukasi Gizi Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.25077/bina.v3i2.208