Edukasi Masyarakat Terhadap Pembuangan Sampah yang Benar di Rt 10 kelurahan 16 Ulu

Main Article Content

efroliza efroliza

Abstract

Sampah yang tidak tertangani dengan baik dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, baik bagi lingkungan maupun bagi umat manusia itu sendiri. Sampai saat ini belum seluruh masyarakat memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap penanganan sampah. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku membuang sampah sembarangan, membakar sampah, atau melakukan pembuangan sampah secara terbuka. Akibat perilaku tersebut, masyarakat sekitar menjadi penderita yang terkena dampak polusi udara (asap dari hasil pembakaran dan bau dari proses pembusukan) serta didatangi kerumunan lalat. Untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat di Rt.10 kelurahan 16 ulu   terkait pentingnya  pengelolaan  sampah  yang  baik,  maka  dilakukan  edukasi  melalui  kegiatan PKLT mahasiswa IKesT MP mengenai edukasi pengelolahan sampah yang baik dan benar. Dampak  yang  dihasilkan  dari  pelaksanaan  kegiatan  ini  adalah  adanya  peningkatan kesadaran untuk mengelola dan atau membiayai pengelolaan sampah yang dihasilkan oleh masyarakat.

Article Details

How to Cite
1.
efroliza efroliza. Edukasi Masyarakat Terhadap Pembuangan Sampah yang Benar di Rt 10 kelurahan 16 Ulu. khidmah [Internet]. 2024Apr.30 [cited 2024Jul.16];6(1):90-5. Available from: http://khidmah.ikestmp.ac.id/index.php/khidmah/article/view/486
Section
Articles

References

Clasissa Aulia, D., Kiswanto Situmorang, H., Fauzy Habiby Prasetya, A., Fadilla, A., Safira Nisa, A., Khoirunnisa, A., Farhan, D., Nur, D., Nindya, aini, Purwantari, H., Octaviani Dwi Jasmin, I., Aulia Akbar, J., Mesrina Cicionta Ginting, N. B., Fadhilah Lubis, R., Pangestiara Program Studi Ilmu Kesehatan Maskarakat, Z. G., & Kesehatan Masyarakat, F. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah dengan Pesan Jepapah. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 1(1), 62–70.
Kadek Budi Sandika, Agung Gde Ekayana, G. P. E. S. (2018). Edukasi Pengelolaan
Sampah kepada Masyarakat di Desa Pecatu. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, I(1),
61–68.
Sari, C. N., Al-illahiyah, L. H., Kaban, L. B., Hasibuan, R., Nasution, R. H., Sari, W. F., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Keterbatasan Fasilitas Tempat Pembuangan Sampah Dan Tantangan Kesadaran Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Di Desa Jandi Meriah Kec. Tiganderket Kab. Karo) Cindy. Journal of Human And Education, 3(2), 268–276.