ASSESSMENT FISIOTERAPI DAN EDUKASI TERHADAP KELAINAN STRUKTUR PADA LUTUT SISWA/I SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Main Article Content

Imam Haryoko
Dwi Herdayanti

Abstract

Pendahuluan : Lutut merupakan pusat penumpu berat badan terbesar dalam tubuh manusia sehingga angka kejadian cidera sendi lutut menjadi sangat tinggi. Siswa SMA merupakan masa dimana aktivitas fisik berada pada puncaknya. Siswa SMA juga merupakan usia dimana gangguan muskuloskeletal disorder sudah bisa mulai diidentifikasi untuk mencegah terjadinya gangguan muskuloskeletal disorder dimasa yang akan datang. Dengan demikian pemeriksaan stabilitas lutut dirasa perlu dilakukan untuk mengidentifikasi adanya keluhan yang timbul akibat perubahan postur pada siswa SMA. Tujuan : Program ini bertujuan untuk memberikan assessment fisioterapi dan edukasi terhadap kelainan struktur pada lutut siswa/i sma muhammadiyah 1 palembang. Pemeriksaan fisioterapi yang dilakukan berupa step up and step down test untuk melihat keseimbangan kerja otot lutut pada remaja dalam hal ini siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang berjumlah 24 orang. Metode : Sebelum dilakukan assessment, siswa diberikan edukasi dan pemahaman menggunakan slide presentation berupa anatomi
lutut, fisiologi, mekanisme patologi, prognosis masalah hingga prosedur dan tujuan assessment yang akan dilakukan. Hasil : 75% dari sampel berada pada klasifikasi moderate movement. 17% diantaranya berada pada klasifikasi good dan 8% sisanya berada pada klasifikasi low moderate. Saran : Pentingnya
melakukan screening muskuloskeletal sejak dini beserta cara melakukan latihan stabilitas lutut bagi yang mengalami gangguan muskuloskeletal pada sendi lutut.


 


Knee is the biggest center of weight support in the human body so that the number of difficulty in injury to the knee joint becomes very high. High school students are a period where physical activity is at its peak. High school students are also a disorder when musculoskeletal disorders can begin to prevent future musculoskeletal disorders. Thus, examine how to deal with problems that occur in high school students. Objective: This program aims to provide physiotherapy and education assessments of structural abnormalities in students of Muhammadiyah 1 High School in Palembang. The physiotherapy examination consisted of up and down tests to see the balance of muscle work in adolescents, in this case Muhammadiyah 1 Palembang high school students had 24 people. Methods:
Before an assessment is conducted, students are given education and understanding using presentation slides consisting of knee anatomy, physiology, pathology relationships, problem prognosis to the procedures and assessment objectives to be performed. Results: 75% of the samples were classified as moderate movement. 17% were accepted in the good classification and 8% were accepted in the low-classification. Suggestion: It is important to do
musculoskeletal examination early along with how to do knee exercises for those suffering from musculoskeletal disorders in the knee joint.

Article Details

How to Cite
1.
Haryoko I, Herdayanti D. ASSESSMENT FISIOTERAPI DAN EDUKASI TERHADAP KELAINAN STRUKTUR PADA LUTUT SISWA/I SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. khidmah [Internet]. 2020Oct.8 [cited 2025Jan.25];2(2):119-24. Available from: https://khidmah.ikestmp.ac.id/index.php/khidmah/article/view/313
Section
Articles

References

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses melalui https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/b84740d4c51df9e94430
Hadiwidjaja, Satimin. 2004. Anatomi Extremitas (Suatu Pendekatan Anatomi Regional) Jilid 2 Seri Extremitas Inferior. Surakarta : Sebelas Maret University Press.
Hardianti, Lenny. 2012. Perbandingan Intervensi Ischemic Compression Technique dengan Strain Counter Strain dalam Penurunan Disabilitas Leher dan Bahu akibat Myofascial Trigger Point Syndrome Otot Upper Trapezius. Jakarta : Esa Unggul
Kisner, Carolyn dan Colby, Lynn Allen. 2007. Therapeutic Exercise : Foundation and techniques; fifth edition. Philadelphia : F. A. Davis. Company
Nenggala, Asep Kurnia. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk Kelas VII SMP. Grafindo Media Pratama
Pearce, Evelyn C. 2006. Anatomi dan Fisiologis Untuk Para Medis, Cetakan kedua puluh Sembilan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rosadi, Akhmad. 2009. Hubungan kebiasaan duduk terhadap terjadinya skoliosis pada anak usia 11-13 tahun di SD Pabelan Kartasura. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ryan P. Mcgovern et. al. 2018. Evidence-based procedures for performing the single leg squat and step-down tests in evaluation of non-arthritic hip pain: a literature review. International journal of sports physical therapy volume 13, number 3 . June 2018. Page 526 doi: 10.26603/ijspt20180526